Tahsin dan Tilawah

  • Tilawah 2 juz/hari

      Setiap santriwati yang belajar Al-Quran di Rumah Al-Qur’an ini diwajibkan untuk tilawah Al-Quran sebanyak 2 juz/hari. Dengan program ini, diharapkan para santriwati dapat semakin dekat dan terbiasa bersama Al-Quran. Selain itu, program ini juga melatih keistiqomahan para santriwati.

  • Tahsin Al-Quran

     Tidak semua santriwati yang masuk di rumah Al-Quran ini sudah benar dalam membaca Al-Quran dengan tajwid. Oleh karena itu, Rumah Al-Quran mengadakan program wajib tahsin bagi para santriwati baru. Setiap hari, para santriwati yang berada pada program tahsin akan disimak bacaannya oleh musyrifah dan belajar tahsin bersama. Dengan program tahsin ini, diharapkan kualitas bacaan Al-Quran para santriwati menjadi lebih baik dan benar sesuai dengan bacaan Rasulullah dan para sahabat dengan memenuhi sifat-sifat hurufnya, mengeluarkan sesuai makhrajnya dan menaati hukum-hukumnya.

     Untuk program takhosus, di mana santriwati harus penuh berada di asrama,  ia harus menyelesaikan tilawah 10 juz/hari. Sedangkan untuk program reguler, santriwati harus menyelesaikan tilawah 5 juz/hari. Program ini minimal berlangsung selama 1 bulan. Jika santriwati telah menyelesaikan program tahsin ini, mereka dapat melanjutkan ke program menghafal Al-Quran.