Tahfidz

  • Menghafal Al-Qur’an

       Untuk mencapai visi dan misi yang telah dijelaskan di awal, para santriwati diwajibkan untuk menghafal Al-Quran setiap hari (bagi yang telah menyelesaikan program tahsin). Di malam hari, para santriwati harus menyetorkan hafalannya kepada para musyrifah. Hal ini dilakukan agar hafalan para santriwati dapat terkontrol oleh musyrifah. Selain itu para musryifah juga dapat mengoreksi dan meningkatkan kualitas hafalan para santriwati. Jumlah halaman Quran yang wajib disetorkan setiap hari min 2 halaman.

  • Muroja’ah dan Imtihan

       Menghafal Al-Quran itu mudah, namun menjaga hafalan agar tetap lekat adalah hal yang sulit dan membutuhkan keistiqomahan dan niat yang terus berkesinambungan. Oleh karena itu perlu adanya program muroja’ah dan imtihan. Muroja’ah adalah kegiatan mengulang hafalan yang telah santriwati setorkan kepada musyrifah. Setiap santriwati memiliki pasangan muroja’ah masing-masing dan mereka wajib melaporkan murojaahnya setiap hari kepada musyrifah. Mereka wajib melaksanakan murojaah min 2 lembar/hari

Imtihan adalah program ujian yang diadakan oleh Rumah Al-Quran untuk mengevaluasi dan memantau perkembangan serta kualitas hafalan para santriwati. Imtihan dilaksanakan ketika santriwati telah menyelesaikan per 5 lembar hafalan dari Al-Quran.

Advertisements